Kegiatan20/11/2023SmartID Sepakati Kerjasama dengan Sungkyunkwan University Korea Selatan Soal Penguatan Tata Kelola Pemerintah

SMARTID – Sebagai salah satu platform tata kelola pemerintahan dan pembangunan di Indonesia, SmartID terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional.

 

Pada tanggal 15 November 2023, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara SmartID dengan Sungkyunkwan University (SKKU), Korea Selatan. 

 

Penandatanganan dilakukan oleh Oscar Radyan Danar, Ph.D selaku Founder & CEO SmartID dengan  Prof. Gi-Heon Kwon selaku Dean of Global E-Policy dan E-Government Institute (GEPEGI) Sungkyunkwan University (SKKU).

 

Dengan kolaborasi yang telah terjalin, maka SmartID sebagai platform penguatan tata kelola pemerintah  akan melibatkan Tenaga Ahli dari GEPEGI, SKKU untuk memperkuat proses pendampingan bagi Instansi Pemerintah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia.

 

Perlu diketahui bahwa SKKU merupakan salah satu kampus tertua dan terbaik di Korea Selatan yang berdiri pada tahun 1398. berdasarkan data terbaru dari website “Times Higher Education”, saat ini SKKU menduduki peringkat 145 kampus terbaik di dunia tahun 2024.

 

Selanjutnya, GEPEGI SKKU selama ini juga terlibat aktif dalam proses reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintah di Korea Selatan. Sehingga dengan pengalaman tersebut diharapkan SmartID dapat bertukar ilmu, mencontoh hingga menerapkannya untuk pemerintahan di Indonesia. ***