Kegiatan20/11/2023SDS Wilayah : Persiapan Penilaian Evaluasi SAKIP Pemerintah Kota Gunungsitoli

SMARTID – Rabu, 09 Agustus 2023 SmartID telah menyelenggarakan Smart Discussion Series (SDS) Wilayah yang bekerjasama dengan mitra yang berasal dari Pemerintah Kota Gunungsitoli. Adapun tema yang diambil yaitu tentang Persiapan Penilaian Evaluasi SAKIP Pemerintah Gunungsitoli tahun 2023.

 

Sebanyak 23 peserta yang berasal dari seluruh perangkat daerah Kota Gunungsitoli turut hadir meramaikan acara ini secara online melalui media Zoom Meeting. Selanjutnya, Restu Mulya Pratama S.AB (Tenaga Ahli SmartID) sekaligus narasumber dalam SDS Wilayah ini mengatakan tentang fokus utama terkait evaluasi SAKIP di tahun 2023 adalah terkait kemiskinan.

 

“Jadi pada tahun 2023 fokus kita adalah terkait persoalan kemiskinan, sehingga output daripada evaluasi SAKIP nantinya harus mampu memberikan gambaran terkait kapasitas pemerintah dalam pengentasan kemiskinan serta apakah program yang dijalankan sudah sesuai apa belum.” Ujar Restu.

 

Selanjutnya dalam melakukan evaluasi SAKIP, Restu menjelaskan bahwa setidaknya terdapat dua metode yang bisa digunakan yaitu desk evaluation dan wawancara pendalaman.

 

“Metode evaluasi dilakukan dengan menganalisis seluruh dokumen atas penerapan SAKIP yang telah disampaikan oleh instansi pemerintah kepada Kementerian PANRB. Sedangkan wawancara pendalaman dilakukan dengan tujuan untuk memastikan penerapan SAKIP sudah dilakukan dengan baik pada unit kerja/perangkat daerah.” terangnya.

 

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini mampu memberikan dampak positif terhadap penerapan SAKIP di Pemerintah Kota Gunungsitoli, sehingga kebijakan dan program yang telah dijalankan dapat memberikan dampak positif utamanya bagi masyarakat secara menyeluruh.***