Kegiatan20/11/2023Smart Discussion Wilayah : Persiapan Penilaian SAKIP Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2023

SMARTID – Guna mempermudah segala persiapan dalam menghadapi proses penilaian SAKIP 2023 yang berdampak, maka Kabupaten Serdang Bedagai menjalin kerjasama dengan SmartID dalam menyelenggarakan Smart Discussion Series Wilayah 2023.

 

Kegiatan SDS Wilayah berlangsung secara online melalui Zoom Meeting pada Senin, 07 Agustus 2023, pukul 09.00 hingga 11.00 Wib. Adapun tema pembahasan terkait Persiapan penilaian SAKIP Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2023 dengan narasumber Restu Mulya Pratama S.AB (Tenaga Ahli SmartID).

 

Dalam kesempatan ini, Restu menjelaskan terkait pentingnya persiapan dalam menghadapi penilaian SAKIP, sebab SAKIP mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun sistem kinerja pemerintah di Indonesia.

 

“Jadi bapak/ibu, SAKIP ini memiliki peran yang sangat penting diantaranya seperti memastikan bahwa kinerja squad team selaras dengan kinerja unit dan organisasi melalui logical framework yang tepat. Selain itu, penilaian SAKIP dapat mengakomodir manajemen kinerja squad team sebagai bagian dari kinerja unit,” Jelasnya kepada audience yang berasal dari seluruh perangkat daerah Kabupaten Serdang Bedagai.

 

Selain itu, penilaian dan evaluasi sakip tahun 2023 tidak boleh hanya sekadar menjadi rutinitas tetapi harus bisa memunculkan perubahan.

 

“Sesuai dengan arahan Presiden dan agar hasil evaluasi lebih berdampak, maka fokus evaluasi AKIP 2023 akan lebih menekankan pada upaya penanganan kemiskinan ekstrem,” ungkapnya.

 

Restu juga berharap agar proses penilaian terhadap SAKIP tahun ini dan selanjutnya bisa dijalankan dengan penuh integritas, amanah, dan ikhlas agar hasilnya optimal.***