Kegiatan13/09/2023Smart Discussion Series (SDS) Wilayah Kabupaten Binjai

SMARTID – Pada tahun 2023, SmartID mulai menginisiasi program Smart Discussion Series (SDS) Wilayah yang pelaksanaanya berdasarkan request atau permintaan dari mitra. Pada edisi kali ini SDS Wilayah diselenggarakan dengan mitra Pemerintah Kabupaten Binjai.

 

Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 08 Agustus 2023 secara online melalui Zoom Meeting dengan tema Bimbingan Teknis Evaluasi SAKIP pada Perangkat Daerah Kota Binjai. Adapun narasumber dari SmartID yaitu Novita Nur Hidayati, S.AP.

 

Pada kesempatan tersebut Novita menjelaskan bahwa Evaluasi sakip memiliki tujuan yang sangat penting bagi perangkat daerah, untuk itu perlu adanya pemahaman yang jelas terkait prosedur dsb.

 

“Jadi bapak/ibu, Evaluasi SAKIP memiliki tujuan yang sangat penting diantaranya memperoleh informasi tentang implementasi SAKIP, menilai tingkat implementasi SAKIP, menilai tingkat akuntabilitas kinerja, memberikan saran perbaikan untuk peningkatan implementasi SAKIP serta memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi periode sebelumnya”. Jelas Novita.

 

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa pelaksanaan evaluasi SAKIP 2023 dilakukan oleh Tim Evaluator Nasional Deputi RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB dengan berpedoman pada Permenpan RB Nomor 88 tahun 2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

 

Adapun langkah persiapan evaluasi SAKIP adalah sebagai berikut:

 

  1. Pahami secara detail struktur komponen penilaian SAKIP.
  2. Fokus perhatikan LKE untuk isntansi dan unit.
  3. Fokus siapkan dan kembangkan kapasitas unit setiap klaster yang dapat dibantu juga oleh instansi independen.
  4. Siapkan dokumen dan bukti dukung sesuai kriteria yang diminta pada LKE.
  5. Lakukan validasi data atas bukti dukung bersama perangkat daerah.
  6. Lakukan penilain mandiri, dan konsultasi dengan intansi vertikal.
  7. Siap evaluasi SAKIP.

 

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat khususnya untuk peningkatan nilai SAKIP Kabupaten Binjai dan mempermudah dalam melakukan tahapan evaluasi SAKIP 2023.