Populer12/09/2023Presiden Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja Empat Negara di Afrika

SMARTID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja keempat negara Afrika, pada Minggu (20/08/2023). Kunjungan tersebut merupakan kali pertama ke Afrika sebagai presiden.

 

Jokowi mengatakan bahwa akan berkunjung keempat negara, yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang karena Indonesia merupakan penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955. Selain itu Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Non Blok.

 

“Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the Global South,” ujar Jokowi.

 

Presiden juga mengatakan bahwa Kenya dan Tanzania telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta pada tahun lalu. Hal tersebut menunjukkan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama bersama Indonesia. Sedangkan Mozambik, menurut Presiden merupakan negara Afrika pertama yang memiliki preferential trade agreement (PTA) dengan Indonesia. Sedangkan kunjungan ke Afrika Selatan, merupakan pemenuhan untuk menghadiri undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023.

 

Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan kembali ke Indonesia pada tanggal 25 Agustus mendatang. Presiden dan rombongan dijadwalkan untuk tiba di Indonesia pada tanggal 25 Agustus mendatang.

 

“Insyaallah saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air tanggal 25 Agustus,” Ungkapnya.

 

Saat memberikan pernyataan Presiden juga didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, serta Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

 

Sumber: Kementerian Luar Negeri