Kegiatan21/07/2023Sosialisasi Aplikasi SmartSAKIP bersama Pemerintah Kabupaten Bengkulu

SMARTID – Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan instansi pemerintah yang lebih akuntabel dan bertanggungjawab, Pemerintah Kabupaten Bengkulu berinisiasi untuk melakukan pengembangan aplikasi SmartSAKIP yang berkerjasama dengan SmartID.

 

Kegiatan dilaksanakan pada 13 Februari 2023 dan bertempat di Ruang Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara yang selanjutnya dibuka secara langsung oleh Asisten III Setdakab BU Dr.H. Agus Haryanto, SE, MM, didampingi Kabag Ekonomi BU.

 

Perlu diketahui bahwa Aplikasi SmartSAKIP merupakan aplikasi berbasis website yang dibuat untuk mendukung pelaksanaan monitoring dan evaluasi manajemen kinerja instansi pemerintah. Terdapat tiga komponen utama dalam aplikasi SmartSAKIP yakni perencanaan, pengukuran, dan pelaporan. Pada komponen perencanaan, perangkat daerah dapat menginputkan data perencanaan baik lima tahunan maupun satu tahunan.

 

Pada komponen pengukuran, perangkat darah dapat menginputkan data realisasi atas target kinerja maupun anggaran yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk komponen pelaporan, perangkat daerah dapat mencetak laporan atas perencanaan dan realisasi kinerja yang telah disusun sebelumnya.

 

Selain itu, aplikasi SmartSAKIP juga menyajikan informasi yang mempermudah proses monitoring oleh kepala daerah dalam bentuk ranking, progress kinerja, dan pohon kinerja.

 

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas SAKIP di Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.