Populer21/07/2023Perkuat Implementasi SPBE dan Layanan Hukum, Kementerian PANRB Gandeng 8 Perguruan Tinggi di Indonesia

SMARTID – Dalam upaya memperkuat implementasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menggandeng 8 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Selain itu, kerjasama juga ditujukan untuk optimalisasi layanan hukum.

 

Perlu diketahui bahwa SPBE atau yang biasa disebut dengan e-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya.

 

Adapun 8 perguruan tinggi yang dimaksud terdiri dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Universitas Telkom, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Padjadjaran.

 

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwakerja sama ini sangat diperlukan, mengingat perjalanan transformasi digital Indonesia masih panjang.

 

“Diharapkan melalui inisiasi kerja sama dengan perguruan tinggi tersebut mampu mempercepat proses transformasi yang kita harapkan bersama,” jelas Anas, dikutip dari website Kementerian (PANRB), pada Senin, 26 Juni 2023.

 

Selanjutnya, Anas berharap akademisi dapat memberikan analisa terhadap suatu masalah kebijakan dan memberikan usulan solusi atas kebijakan, memberikan penguatan evidence-based policy, dan juga memiliki peran sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat.

 

Anas menambahkan, semangat pembangunan SPBE tidak mengutamakan pembangunan aplikasi baru. Melalui kerja sama ini, perguruan tinggi dapat membantu pemerintah untuk memastikan interoperabilitas antar aplikasi existing menjadi layanan digital pemerintah yang terpadu. Integrasi dan keterpaduan layanan digital ini telah dilakukan di begitu banyak negara yang memiliki e-Government Development Index (EDGI) tinggi.

 

Untuk diketahui bersama, saat ini ada lebih dari 27.000 aplikasi layanan pemerintah di seluruh Indonesia. Salah satu contoh bukti nyata semangat membangun SPBE melalui proses pengintegrasian layanan adalah dengan telah dilakukannya soft launching Mal Pelayanan Publik Digital (MPP Digital) oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin pada tanggal 20 Juni 2023.

 

Sumber: Kementerian PANRB