Kegiatan07/03/2024Smart Discussion Series Wilayah : Peningkatan Manajemen Kinerja Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat

SmartID – Dalam rangka pertanggungjawaban dalam peningkatan kinerja instansi, maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang bermitra dengan SmartID melaksanakan Smart Discussion Series Wilayah pada Rabu, 24 Januari 2024.

 

Adapun kegiatan ini berjalan dengan lancar dan disambut antusiasme luar biasa dari para peserta yang berasal dari berbagai OPD dari Kabupaten Pesisir barat. Adapun kegiatan diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

 

Fahmi Prayoga, S.E (Tenaga Ahli SmartID) bertindak sebagai narasumber webinar dengan membahas tema tentang “Peningkatan Manajemen Kinerja Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat”.

 

Kegiatan diawali dengan penjelasan beberapa studi kasus terkait proyek yang telah diselesaikan oleh SmartID yang bermitra dengan berbagai instansi pemerintah di seluruh Indonesia.

 

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan dan evaluasi tentang pencapaian SAKIP dari Kabupaten Pesisir Barat yang mendapat nilai CC (cukup).

 

“Untuk mewujudkan Implementasi SAKIP yang optimal maka dibutuhkan sebuah manajemen kinerja yang baik, nah dengan diperolehnya nilai CC yang itu berarti cukup, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan agar nantinya nilai yang sudah diperoleh bisa terus bertransformasi menjadi lebih baik, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa meningkat menjadi A. salah satu yang harus diperbaiki yaitu soal manajemen kinerjanya,” Ujar Fahmi.

 

Dalam kegiatan ini, Fahmi juga menjelaskan terkait dengan beberapa elemen yang menjadi kunci manajemen kinerja, misalnya pengaturan tujuan dan ukuran (indikator) tujuan, penggunaan insentif untuk mencapai tujuan melalui mekanisme merit system, penyusunan informasi kinerja dalam menyusun perencanaan strategis, dll.

 

Semoga dengan terselenggaranya SDS Wilayah, mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik, khususnya dalam peningkatan manajemen kinerja di Instansi Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat. Sehingga mampu meningkatkan nilai implementasi SAKIP kedepannya. ***