Kegiatan27/02/2024Smart Discussion Series (SDS) Wilayah Kabupaten Berau : Penguatan RB Tematik dan RB General Perangkat Daerah

SMARTID –  Dalam edisi Smart Discussion Series Wilayah  yang diselenggarakan pada 24 Januari 2024, SmartID bermitra dengan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Adapun tema pembahasan tentang “Penguatan RB Tematik dan RB General Perangkat Daerah”.

 

SDS Wilayah bersama Kabupaten Berau diselenggarakan secara online melalui saluran Zoom Meeting dan diikuti oleh lebih dari 50 peserta yang berasal dari perangkat daerah setempat. 

 

Selanjutnya, SmartID menghadirkan Restu Mulya Pratama, S.AB (Tenaga Ahli SmartID) sebagai narasumber serta Lianawati Halim, S. I. Kom. Sebagai moderator acara.

 

Perlu diketahui bahwa saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) hadir dengan terobosan dua fokus pelaksanaan reformasi birokrasi (RB). 

 

Dua fokus yang dikenal dengan double track ini terdiri dari fokus penyelesaian isu hulu yang disebut dengan RB General, serta fokus penyelesaian isu hilir yang disebut dengan RB Tematik.

 

“Dua fokus ini lahir sebagai jawaban pada ekspektasi dari kita semua baik itu Presiden, masyarakat, dan dunia usaha atas pelaksanaan RB yang menciptakan dampak yang dapat dirasakan secara nyata, cepat, dan tepat menyentuh permasalahan faktual,” ungkap Restu.

 

Perlu diketahui bahwa Secara umum pelaksanaan RB General dibagi ke dalam dua tingkatan, yaitu Nasional dan Instansional. 

 

Pada tingkat Nasional, pelaksanaan RB terdiri atas level makro dan meso. Sementara tingkatan Instansional disebut juga dengan tingkat pelaksanaan mikro.

 

Selanjutnya, strategi level makro diarahkan kepada dua hal, yaitu mendorong percepatan digitalisasi birokrasi serta melaksanakan RB tematik untuk mendorong percepatan penyelesaian isu nasional, khususnya terkait dengan pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi dan administrasi pemerintah. 

 

Sedangkan strategi pada level meso dilaksanakan untuk memastikan berbagai arahan kebijakan RB level makro yang ditetapkan oleh Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) dan Tim Reformasi Birokrasi Nasional (TRBN) diterjemahkan ke dalam kegiatan-kegiatan utama yang efektif mencapai tujuan dan sasaran strategis RB.

 

“Sebagaimana arah kebijakan RB Nasional 2020–2024 yaitu bertujuan untuk mempercepat terciptanya birokrasi digital dan mempercepat dampak pelaksanaan RB, maka terdapat dua strategi utama untuk melaksanakan arah kebijakan tersebut. Pertama, untuk mempercepat terciptanya birokrasi digital maka ditetapkan kebijakan percepatan dalam RB General; kedua, untuk mempercepat dampak pelaksanaan RB maka ditetapkan isu prioritas nasional dalam RB Tematik,” terangnya.

 

Semoga dengan terselenggaranya SDS Wilayah, mampu membawa perubahan yang positif bagi Kabupaten Berau. Sehingga berbagai tujuan yang telah direncanakan dapat terealisasi secara optimal.***