Kegiatan16/02/2024Smart Discussion Series Wilayah Kabupaten Gianyar : Penyusunan RPJPD pada Pemerintah Daerah

SMARTID – SmartID terus berinovasi dengan menghadirkan program-program berkualitas yang mampu berdampak terhadap penguatan tata kelola pemerintah dan pembangunan di Indonesia, salah satunya yaitu dengan Smart Discussion Series Wilayah.

Pada 17 Januari 2024, telah diselenggarakan SDS Wilayah bersama dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Adapun kegiatan dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dengan tema “Penyusunan RPJPD pada Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar”.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari berbagai instansi di Pemerintah Kabupaten Gianyar. Rica Oktaviana, S.Sos (Asisten Tenaga Ahli SmartID) bertindak sebagai narasumber kegiatan dan di dampingi oleh Nuris Sulthon Al Faiz, S.Tr.M sebagai moderator.

Penyusunan RPJPD merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan daerah yang wajib disusun oleh Pemerintah Daerah yang berpedoman pada Permendagri Nomor 86 tahun 2017, Penyusunan RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 (dua puluh) tahun yang disusun dengan RPJPN dan RTRW.

Dokumen RPJPD 2025-2045 nantinya akan menjadi pedoman dalam perumusan visi, misi dan program calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada tahun 2024 serta penyusunan RPJMD Teknokratik 2025-2030.

”Untuk itu perlu dilakukan pembekalan kepada Perangkat Daerah Kabupaten Gianyar sehingga proses penyusunan dokumen Penyusunan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 dapat berjalan efektif dan efisien serta berjalan tepat waktu, sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” ujar Rica.

Dengan terlaksananya SDS Wilayah ini, semoga memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat khususnya dalam kelancaran penyusunan dokumen RPJPD pada Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar. ***