Ilmiah15/02/2024Pengetahuan Seputar Apa Itu Birokrasi, Fungsi, Jenis hingga Contoh Penerapannya di Indonesia

SMARTID – Sahabat SmartID pasti sudah tidak asing dengan istilah birokrasi, namun pasti banyak yang belum mengenal secara mendetail terkait apa itu birokrasi, fungsi, jenis hingga contoh penerapannya di Indonesia. Untuk itu berikut adalah penjelasannya.

 

Pengertian Birokrasi

 

Dilansir dari buku Birokrasi (Kajian Konsep, Teori Menuju Good Governance), istilah birokrasi kerap digunakan untuk menggambarkan organisasi yang kompleks dengan sistem atau proses yang berlapis-lapis dan bersifat hierarki.

 

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), birokrasi adalah sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan.

Secara etimologi, birokrasi diambil dari kata bureau dalam bahasa Perancis dan kratos dalam bahasa Yunani. Bureau berarti meja tulis, sedangkan kratos artinya pemerintahan.

 

Selanjutnya, menurut Fritz Morstein Marx, birokrasi adalah tipe organisasi yang biasa digunakan pemerintahan modern untuk melaksanakan tugas yang sifatnya spesialis dan dilakukan oleh aparatur pemerintah dalam suatu sistem administrasi.

 

Sementara itu, Max Weber, ahli politik dan sosiolog asal Jerman mendefinisikan birokrasi adalah suatu bentuk organisasi yang penerapannya berhubungan dengan tujuan yang hendak dicapai.

 

Maka dapat disimpulkan birokrasi adalah sekumpulan orang yang bekerja di balik meja, baik di perkantoran atau di bidang pemerintahan.

Fungsi Birokrasi


Adapun fungsi birokrasi adalah sebagai berikut:

 

  1. Melaksanakan pelayanan publik.
  2. Pelaksana pembangunan yang profesional.
  3. Perencana, pelaksana, dan pengawas kebijakan.
  4. Alat pemerintah untuk melayani kepentingan masyarakat dan bukan merupakan bagian dari kekuatan politik.

 

Ciri-Ciri Birokrasi


Berikut ciri utama birokrasi menurut Max Weber (Birokrasi Weberian) yang dikutip dari buku Birokrasi Pemerintahan (2021).

 

  1. Derajat spesialisasi atau pembagian tugas yang jelas.
  2. Adanya struktur kewenangan hierarkis dengan batas-batas tanggung jawab yang jelas.
  3. Hubungan antaranggota yang bersifat impersonal.
  4. Cara pengangkatan atau rekrutmen pegawai yang didasarkan pada kecakapan teknis.
  5. Adanya pemisahan antara urusan dinas dengan urusan pribadi yang akan menjamin pelaksanaan tugas secara efisien.

 

Jenis Birokrasi di Indonesia dan Contohnya


Perlu diketahui bahwa jenis birokrasi di Indonesia dibedakan menjadi tiga bagian. Berikut penjelasannya.

 

  1. Pemerintahan umum
    Pemerintahan umum merupakan rangkaian organisasi pemerintahan yang menjalankan tugas pemerintahan yang bersifat umum. Bentuk tugasnya lebih mengarah ke regulasi atau mengatur. Contohnya, bidang ketertiban dan keamanan.
  2. Pembangunan
    Birokrasi pembangunan adalah rangkaian pemerintahan yang memiliki tugas lebih spesifik atau khusus untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat. Jenis birokrasi ini tugasnya mengarah ke regulative-function atau bersifat mengatur. Contohnya, bidang pertanian, kesehatan, pendidikan, dan industri.

 

  1. Pelayanan
    Birokrasi pelayanan adalah rangkaian organisasi pemerintahan yang berhubungan dengan masyarakat. Fungsi utama dari birokrasi ini yakni untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Contohnya di bidang pelayanan publik (pembuatan KTP), pengurusan paspor, dan sebagainya.

 

Nah, demikian beberapa pengetahuan terkait dengan birokrasi. Semoga bisa bermanfaat. ***