Kegiatan13/11/2023Smart Discussion Series Wilayah : Penguatan SAKIP pada Seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara

SMARTID – Dalam rangka terus berkontribusi dalam penguatan tata kelola pemerintah dan pembangunan di Indonesia, SmartID kembali menggelar Smart Discussion Series (SDS) Wilayah pada Selasa, 02 Oktober 2023 yang bermitra dengan Kabupaten Timor Tengah Utara.

 

Agenda dilaksanakan secara online melalui media Zoom Meeting dengan mengambil tema pembahasan yaitu Penguatan SAKIP pada Seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara.

 

Adapun narasumber pada SDS Wilayah ini adalah Fahmi Prayoga, S.E (Tenaga Ahli SmartID). menurutnya penguatan akuntabilitas kinerja saat ini memiliki urgensi yang sangat penting untuk instansi pemerintah.

 

“Jadi penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu program yang dilaksanakan diantaranya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, bebas KKN dan meningkatkan kapasitas dalam akuntabilitas kinerja birokrasi.” ujar Fahmi.

 

Selanjutnya, penguatan akuntabilitas ini dilaksanakan dengan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebagaimana dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP.

 

Berdasarkan Peraturan tersebut, SAKIP juga merupakan upaya nyata pemerintah dalam mendorong terciptanya good governance sekaligus result oriented government dengan melakukan pendekatan manajemen berbasis kinerja (Performance-base management) sebagai output berdaya guna, berhasil guna, bersih, bertanggung jawab serta sebagai wujud pertanggungjawaban instansi pemerintah.

”Saya berharap, melalui  agenda ini dapat memberikan dampak pada perbaikan pemerintahan dan sistem manajemen melalui penguatan akuntabilitas kinerja instansi serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan agenda penting dalam reformasi birokrasi bagi Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara,” kata Fahmi.

Selanjutnya, Fahmi juga menekankan agar lebih proaktif untuk menggerakkan dan mengontrol kinerja jajaran mulai tahapan penyusunan rencana strategis sampai pada review atas pencapaian kinerja.

“Sebagai bentuk komitmen, saya harap seluruh Perangkat Daerah agar perbaikan dokumen perencanaan dan pengukuran kinerja segera ditindaklanjuti, dengan mengikuti kaidah-kaidah evaluasi SAKIP serta harus tepat waktu dalam penyampaiannya,” pungkasnya. 

 

Semoga dengan terselenggaranya SDS Wilayah, dapat memberikan dampak yang positif terhadap perbaikan dan Penguatan SAKIP pada Seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara.***