Kegiatan02/11/2023Smart Discussion Series Wilayah Kota Probolinggo : Penyusunan Penjenjangan KinerjaS

SMARTID – Dalam upaya untuk meningkatkan kinerja serta menjalin mitra yang berasal dari K/L/D/I seluruh Indonesia, SmartID terus menyelenggarakan program Smart Discussion Series Wilayah yang mulai dicetuskan sejak edisi tahun 2023.

 

Pada 19 September 2023, SDS Wilayah diselenggerakan dengan mitra Kota Probolinggo. Agenda berlangsung secara daring lewat media Zoom Meeting mulai pukul 09.00 – 11.00 Wib dan diikuti oleh seluruh OPD Kota Probolinggo.

 

Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP, M.AP (Tenaga Ahli SmartID) yang bertindak sebagai narasumber menjelaskan terkait urgensi dari penyusunan penjenjangan kinerja bagi peningkatan kinerja instansi.

 

“Jadi penjenjangan Kinerja itu adalah proses penjabaran dan penyelarasan sasaran strategis, indikator kinerja, dan target kinerja organisasi kepada unit organisasi sampai dengan individu pegawai, itu semua berfungsi untuk meningkatkan kinerja,” Terangnya.

 

Selain itu,  Penjenjangan Kinerja juga ditujukan guna memastikan program dan kegiatan berdampak pada pencapaian tujuan/sasaran strategis organisasi.  Desain program, kegiatan dan sub kegiatan haruslah memiliki daya ungkit terhadap pencapaian tujuan/sasaran organisasi sehingga anggaran yang dialokasikan digunakan secara efektif dan efisien.  

 

Disamping itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari tugas pokok dan fungsi dari Bagian Organisasi untuk melakukan pengembangan budaya kerja BerAKHLAK.

 

“Pelaksanaan kegiatan penjenjangan kinerja ini juga mendorong kita untuk berkolaborasi dalam mencapai target prioritas daerah dengan berkerjasama antar sektor/perangkat daerah,” tambah Miftah.

 

Momentum pelaksanaan penyusunan penjenjangan kinerja ini sangat tepat, mengingat saat ini sedang dalam tahap penyusunan dokumen perencanaan pemerintah daerah tahun 2024-2026.

 

“Hasil dari penjenjangan kinerja ini nantinya dapat digunakan oleh perangkat daerah sebagai acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis perangkat daerah, seperti penentuan sasaran strategis, indikator kinerja hingga sasaran program, kegiatan dan sub kegiatan,” Pungkasnya.

 

Semoga dengan terlaksananya SDS Wilayah, dapat membantu dalam kelancaran penyusunan penjenjangan kinerja Kota Probolinggo. ***