Populer07/04/2023SAH! Jokowi Lantik Dito Ariotedjo jadi Menpora yang Baru Gantikan Zainuddin Amali

SMARTID – Senin, 3 Maret 2023, Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dito menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menpora baru setelah sebelumnya Amali mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpora, dengan dalih ingin fokus pada jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Pelantikan Dito sebagai Menpora berdasarkan Keppres Nomor 26/P/2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan presiden mengenai pengangkatan Menpora sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti pejabat yang dilantik.

Dilansir laman resmi Partai Golkar, Dito Ariotedjo pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dito juga merupakan seorang pengusaha yang saat ini bekerja sama dengan Raffi Ahmad. Dilansir dari Antara, Dito juga menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

 

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden