Kegiatan06/04/2023Webinar Bimbingan Teknis terkait Penguatan SAKIP Perangkat Daerah Kabupaten Brebes

SMARTID – Pada 29 Maret 2023, SmartID menyelenggarakan Webinar Bimbingan Teknis (BIMTEK) terkait Penguatan SAKIP Perangkat Daerah, yang bermitra dengan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Farida Kusuma Wardhani, S.T., M.M. selaku Tenaga  ahli pada BIMTEK menjelaskan bahwa SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) memiliki urgensi yang sangat penting, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

“Rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.” Ujarnya.

Aspek penyelenggaraan dalam SAKIP meliputi 6 hal, yaitu: a. rencana strategis; b. perjanjian kinerja; c. pengukuran kinerja; d. pengelolaan data kinerja; e. pelaporan kinerja; dan f. tata cara reviu atas laporan kinerja.

Semoga dengan terselenggaranya BIMTEK Penguatan SAKIP Perangkat Daerah Kabupaten Brebes, dapat memberikan manfaat bagi semua pihak terutama dalam penguatan SAKIP Pemkab Brebes kedepannya.