Kegiatan11/05/2022SmartID Sebagai Mitra Pemkab Sidoarjo dalam Penyusunan Pedoman serta Penilaian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK)

SMARTID – Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) merupakan instrumen yang sangat penting untuk mendorong penguatan  partisipasi dan prinsip-prinsip tata kelola yang baik  dalam proses pembuatan kebijakan publik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah menggandeng SmartID sebagai mitra dalam proses penyusunan pedoman serta penilaian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK).

Dalam agenda ini, pihak SmartID mengirimkan dua tenaga ahli yaitu Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP, M.AP dan Laily Akhbariah, S.AP, M.AP.

Selain itu, SmartID juga melibatkan empat orang peneliti yaitu Putri Benida Ayuningsih, Yuris Aditya, Andre Dwi Prasaja serta Ludy Osama Al Rasyid.

Ahmad Miftakhul Khoiri, M.AP selaku tenaga ahli menjelaskan beberapa poin penting terkait dengan Indeks Kualitas Kebijakan (IKK).

Pertama, ia menjelaskan mengenai pengertian dari kebijakan menurut ahli yang kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan tentang pengertian dan tujuan dari IKK.

Kedua, Ahmad Miftakhul Khoiri, M.AP menjelaskan menganai kerangka Indeks Kualitas Kebijakan (IKK). Adapun meliputi agenda setting, formulasi kebijakan, implementasi kebijakan serta evaluasi kebijakan.

Ketiga, poin penting selanjutnya yaitu terkait dengan tahapan pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK). Adapun tahapan-tahapan tersebut antara lain:

  1. Penilaian diri sendiri (self assessment) yang dilakukan oleh seluruh perangkat daerah.
  2. Penilaian Tahap I, Forum pemaparan hasil desk analysis oleh Tim IKK Kabupaten Sidoarjo yang disertai bukti-bukti pendukung terkait hasil desk analysis untuk mendapatkan review atau penguatan hasil desk analysis dari board member.
  3. Board Member Meeting II, Forum pemaparan hasil validasi final penilaian IKK kepada Board Member  untuk mendapatkan pemeringkatan  instansi sesuai hasil penilaian akhir IKK.
  4. Desk Analysis oleh seluruh asisten Sekretariat Daerah untuk melakukan validasi jawaban dan bukti yang digunakan dalam melengkapi isian formular self assessment.
  5. Validasi, Desk analysis hasil board member meeting I oleh Tim IKK Kab SIdoarjo untuk  dikonfirmasikan dengan instansi.
  6. Sharing Best Practice, Seminar tentang Best Practice Manajemen Kebijakan di Pemerintah Kab Sidoarjo yang dihadiri oleh seluruh perangkat daerah, Board  Member, dan media.

Dengan adanya penyusunan pedoman indeks kualitas kebijakan (IKK) Kabupaten Sidoarjo, diharapkan mampu menghasilkan kebijakan yang berkualitas dan tepat sasaran di Kabupaten Sidoarjo. ***