Kegiatan28/05/2024Bimbingan Teknis Penyusunan dan Evaluasi SAKIP Kabupaten Morowali

SMARTID Sebagai platform penguatan tata kelola pemerintah dan pembangunan di Indonesia, SmartID terus bekerjasama dengan berbagai pihak terutama dari Instansi-Instansi pemerintah di Indonesia.

Pada Senin, 13 Mei 2024 SmatID telah berkerjasama dengan Kabupaten Morowali guna melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), dengan tema pembahasan terkait penyusunan dan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Bimtek diselenggarakan di Hotel Adiwangsa, Kota Solo, dan dihadiri oleh perwakilan ASN dari pemerintah Kabupaten Morowali.

Adapun narasumber dari SmartID yang menghadiri Bimtek ini adalah Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP., M.AP (Tenaga Ahli SmartID) dan Shinta Nuriya Idatul Alfain, S.S (Tenaga Ahli SmartID).

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik adalah dengan menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang baik.

Perlu diketahui bahwasanya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang selanjutnya disingkat SAKIP, adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Selain itu, SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, yaitu sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi serta mendisain program dan kegiatan dalam pencapaian tujuan.

Semoga dengan terselenggaranya Bimtek ini, mampu memberikan manfaat terutama dalam membawa peningkatan SAKIP di pemerintah Kabupaten Morowali. ***