Kegiatan30/12/2023Bimbingan Teknis Penyusunan Mekanisme Pengawasan Inspektorat Kabupaten Jombang 2023

SMARTID – Telah dilaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dengan tema “Penyusunan Mekanisme Pengawasan Inspektorat Kabupaten Jombang” pada 14 – 15 November 2023 yang berlokasi di Ijen Suites and Convention Malang.

 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Inspektur Kabupaten Jombang yaitu Abdul Madjid Nindyagung, SH., MSi. Dalam sambutannya ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangatlah penting guna mengoptimalkan proses penyusunan mekanisme pengawasan Inspektorat Kabupaten Jombang 2023.

 

Perlu diketahui bahwa Inspektorat kabupaten/kota merupakan suatu lembaga pengawas dilingkungan pemerintah daerah. Inspektorat daerah memainkan peran yang sangat penting untuk  kemajuan dan keberhasilan pemerintah daerah dan perangkat daerah dalam menyelenggarakan  pemerintahan di daerah untuk mencapai tujuan dan sasaran.

 

Inspektorat daerah menjadi pilar yang mempunyai tugas sebagai pengawasan sekaligus pengawal dalam pelaksanaan program pemerintah daerah yang tertata dalam anggaran  pendapatan belanja daerah (APBD).

 

Untuk menunjang agar pelaksanaan tugas dari inspektorat daerah dalam melakukan pengawasan dapat berjalan maksimal, diperlukan adanya kinerja yang lebih intensif dan optimal dari inspektorat daerah dami optimalisasi tugas dan tanggung jawab.

 

Pengawasan dari inspektorat daerah sangat penting, oleh  karena dengan adanya pengawasan maka tingkat pencapaian hasil akan terlihat melalui  tugas dan wewenang yang diberikan dapat berjalan secara maksimal.

 

Semoga dengan terlaksananya Bimtek Penyusunan Mekanisme Pengawasan Inspektorat Kabupaten Jombang 2023 mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, sehingga kerjasama yang terjalin bisa terus berlanjut kedepannya.***