Kegiatan29/11/2023Bimbingan Teknis Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kabupaten Tapin

SMARTID – Sebagai salah satu produk dan layanan SmartID, Bimbingan Teknis (BIMTEK) kembali diselenggarakan pada 13 Oktober 2023 dengan mitra Kabupaten Tapin. Adapun yang menjadi tema pembahasan dalam kegiatan ini adalah Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP). 

 

Tenaga Ahli SmartID yang hadir kesempatan ini adalah Lestari Eko Wahyudi, S.AP, M.AP dan Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP, M.AP. Selain itu juga turut hadir seluruh perangkat daerah Kabupaten Tapin.

 

Dalam kesempatan ini, Lestari menekankan pentingnya akuntabilitas dalam pemerintahan dan peran LKJIP dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas di lingkungan pemerintah. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) adalah salah satu bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran.

 

“Selain itu, LKjIP juga berperan dalam menggambarkan penerapan Rencana Strategis (RENSTRA) serta keberhasilan capaian saat ini untuk percepatan dalam meningkatkan kualitas capaian kinerja yang diharapkan pada tahun yang akan datang. Melalui LKjIP, juga diharapkan terwujudnya prinsip-prinsip Good Governance, ” jelas Lestari.

 

Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan pelaksanaan penyusunan penetapan kinerja dan pelaporan kinerja instansi pemerintah, telah dikeluarkan pedoman terbaru berdasarkan peraturan yang berlaku. Dalam pedoman terbaru tersebut, format perencanaan dan pelaporan telah disempurnakan, dengan penekanan pada pencapaian kinerja (outcome).

 

“Tujuan dari pelaporan kinerja adalah memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi mandat atas kinerja yang telah dan seharusnya dicapai, serta sebagai upaya perbaikan berkelanjutan bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya,“ lanjutnya.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Miftakhul  juga mengajak semua peserta untuk bersama-sama menentukan dan menyamakan persepsi dalam proses penyusunan LKjIP, sehingga akan terbentuk keseragaman penyusunan LKjIP di Pemerintah Kabupaten Tapin.

 

“Semoga acara ini memberikan manfaat yang besar dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mencapai tujuan-tujuan strategis yang telah ditetapkan. Selamat bekerja dan teruslah berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara,” katanya.

 

Semoga dengan terselenggaranya Bimtek Laporan Penyusunan LKjIP, Pemerintah Kabupaten Tapin bisa menghasilkan dokumen laporan yang optimal dan berdampak positif bagi berjalannya roda pemerintahan. ***