Kegiatan18/07/2023Smart Disscussion Series (SDS) Wilayah Provinsi Sumatera Barat tentang Reformasi Birokrasi Tematik

SMARTID – Smart Disscussion Series (SDS) Wilayah kembali diselenggarakan dengan mitra kerja yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada 22 Juni 2023 yang membahas tentang Reformasi Birokrasi Tematik.

 

Adapun tenaga ahli dalam kegiatan ini adalah Aditya Eka Saputra, S.AP.,M.AP. Menurut Adhitya Reformasi Birokrasi Tematik merupakan framework yang digunakan untuk mengurai dan menyelesaikan masalah (bottleneck) tata kelola terkait dengan isu maupun program prioritas pemerintah. Tujuannya agar manfaatnya segera dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ada empat fokus RB Tematik yang ditetapkan saat ini, antara lain:

  1. Peningkatan Investasi, untuk mendorong kemudahan pelayanan perizinan dan menciptakan iklim investasi yang semakin kondusif.
  2. Akselerasi Digitalisasi Administrasi Pemerintahan, untuk menciptakan birokrasi tangkas dan pelayanan publik yang prima berbasis struktur digital, budaya digital, dan kompetensi digital.
  3. Tematik Prioritas Presiden, untuk merespons dan mengawal hal-hal yang mendesak menurut Presiden sehingga dapat meminimalisasi risiko yang berdampak serius pada masyarakat. Contohnya isu stunting, penggunaan produk dalam negeri, dan lainnya.
  4. Pengentasan Kemiskinan yang berfokus untuk mencari solusi percepatan peningkatan kualitas hidup masyarakat miskin.

 

Semoga dengan terselenggaranya SDS Wilayah Provinsi Sumatra Barat tentang tema pembasaan terkait Reformasi Birokrasi Tematik dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, dan kerjasama yang telah ada bisa terus terjalin dengan baik kedepannya.