Kegiatan17/07/2023Bimbingan Teknis Manajemen Kinerja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung

SMARTID – Pada tanggal 21-22 Juni 2023 lalu, SmartID kembali melaksanakan kegiatan berupa Bimbingan Teknis (BIMTEK). pada kesempatan kali ini Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung menjadi mitra dengan tema pembahasan tentang Manajemen Kinerja berdasarkan regulasi terbaru.

 

Dalam BIMTEK yang diselenggarakan di Hotel Samara Resort, SmartID mewakilkan dua tenaga ahli yaitu Lestari Eko Wahyudi, S.AP, M.AP dan Habil Maranda Maghfirullah, S.AP.

 

Penerapan sistem manajemen kinerja haruslah seiring dengan pelaksanaan reformasi birokrasi. Salah satu konsep dalam sistem manajemen kinerja adalah bagaimana mengelola sumber daya manusia (SDM) secara efektif atau dikenal dengan managing people for result.

 

Secara garis besar, konsep managing people for result meliputi tiga topik bahasan, yaitu performance system, communication styles dan performance system coaching. Sistem kinerja memiliki lima unsur, yaitu situation, performer, response, consequences, dan feedback.

 

Dalam era reformasi birokrasi, harus diciptakan suatu sistem manajemen kinerja untuk menilai capaian kinerja secara individual dan kontribusinya terhadap pencapaian tujuan organisasi. Komitmen dan kompetensi yang diikuti penerapan reward dan punishment yang adil menjadi sarana yang efektif dalam penerapan sistem manajemen kinerja dalam organisasi.

 

Berkaitan dengan peran dan fungsi auditor intern pemerintah, pemahaman dan penerapan sistem manajemen kinerja sangat bermanfaat dalam pelaksanaan fungsi audit, quality assurance, dan konsultatif.

 

Semoga dengan terselenggaranya BIMTEK Manajemen Kinerja, dapat memberikan value terutama dalam peningkatan manajemen kinerja Pemerintah Kabupaten Tulungagung.