Kegiatan15/04/2023Smart Discussion Series (SDS) Wilayah: Bimbingan Teknis terkait Penguatan SAKIP Perangkat Daerah Kabupaten Tegal

SMARTID –  Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi Tahun 2022 menunjukkan nilai rata-rata Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) meningkat.

Peningkatan ini menunjukkan komitmen dan antusiasme instansi pemerintah semakin meningkat seiring dengan manfaat yang dirasakan pada upaya reformasi birokrasi.

Salah satu daerah yang sedang berupaya dalam peningkatan nilai SAKIP adalah Kabupaten Tegal yaitu dengan menggelar Bimbingan Teknis terkait penguatan SAKIP perangkat daerah yang bekerjasama dengan SmartID.

BIMTEK diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting, pada 6 April 2023 yang bekerjasama dengan bagian organisasi Sekretaris daerah (Setda) Kabupaten Tegal dan mengundang seluruh perangkat daerah.

Dilla Safhutri, S.AP. selaku Tenaga Ahli SmartID menjelaskan terkait urgensi dari SAKIP yang mampu menjadi elemen penting dalam mencapai tujuan organisasi.

“SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, yaitu sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi serta mendisain program dan kegiatan dalam pencapaian tujuan.” Ujar Dilla.

Semoga dengan terselenggaranya BIMTEK mampu berdampak terhadap peningkatan SAKIP Kabupaten Tegal, sehingga kedepannya menjadi daerah yang maju dan makmur rakyatnya.