Populer05/12/2022Wah! Tahun 2023 Kementerian ESDM Berencana Bagikan 680 Ribu Rice Cooker secara Gratis ke Masyarakat

SMARTID – Tahun 2023 mendatang, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membagikan sekitar 680 ribu penanak nasi elektrik atau rice cooker secara gratis kepada masyarakat.

Program ini direncanakan dalam rangka mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, serta penghematan biaya memasak bagi masyarakat.

Menurut Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM Edy Pratiknyo bahwa saat ini pemerintah tengah sampai pada tahap membahas kebijakan tersebut.

“Ini baru pembahasan belum sampai di publish bantuan e-cooking atau penanak nasi listrik,” kata Edy dalam acara Forum Diskusi Publik, dikutip dari Detikfinance, pada Jum’at, 25 November 2022.

Lebih lanjut, Edy menuturkan bahwa bantuan penanak nasi listrik (BPNL) tersebut akan disalurkan ke seluruh Indonesia melalui APBN Kementerian ESDM 2023.

Selain itu, Ia menjelaskan program pembagian rice cooker gratis ini tidak diperlukan penambahan daya dan nilai paket program ini sebesar Rp500 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM). Kemudian untuk daftar masyarakat yang menerima bantuan ini nantinya akan mengacu data dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Terkait bantuan program penanak nasi, di mana rencana sebanyak 680 ribu unit penanak nasi yang disalurkan ke masyarakat, yang KPM tadi, kelompok penerima manfaat. Tentunya acuannya ke data dari Kementerian Sosial,” pungkas Edy. ***

 

Sumber: Detikfinance