Kegiatan17/11/2022Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Camat, Lurah, Kepala Desa, BPD dan Perangkat Desa Kabupaten Lamandau

SMARTID – Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya perangkat daerah, Pemerintah Kabupaten Lamandau bekerjasama dengan SmartID menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Peningkatan Kapasitas Camat, Lurah, Kepala Desa, BPD dan Perangkat Desa.

Bimtek yang bertempat di Hotel Ariya Gajayana, Kota malang ini diselenggarakan mulai tanggal 13-14 September 2022.

Pada hari pertama, Bimtek dibuka dengan perkenalan moderator dan pembacaan tema materi oleh tenaga ahli SmartID yaitu Laily Akbariyah, S.AP., M.AP.

Adapun 3 materi yang menjadi pokok pembahasan adalah sebagai berikut:

  1. Materi penguatan dana desa oleh perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yaitu Basuki Sriono, SE.
  2. Materi Building Motivation & Integrity oleh dr. Arief Alamsyah, MARS, Dipl. FM.
  3. Materi Optimalisasi Peran Desa Sebagai Tataran Struktural dan Local Communities yang dapat Menunjang Kinerja oleh Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS.

Selanjutnya, pada hari kedua Bimtek dilaksanakan dengan melakukan studi banding ke Pemerintah Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang.

Dalam studi banding tersebut, Pemerintah Desa Pujon kidul memberikan materi tentang profil dan tips dalam mengelola Desa Pujon Kidul hingga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Salah satunya yaitu penghargaan sebagai Desa Wisata Agro terbaik dari Kemendesa.

Setelah pemaparan materi dan sesi diskusi selesai, para rombongan peserta Bimtek berlanjut untuk mengunjungi pusat oleh-oleh Usaha Menengah Kecil dan Menengah (UMKM).

Setelah rangkaian Bimtek selesai, diharapkan adanya peningkatan kualitas sumber daya aparatur desa di Kabupaten Lamandau. Sehingga, Kabupaten Lamandau bisa menjadi daerah yang semakin maju dan berkembang pesat. ***