Kegiatan20/08/2022Forum Group Discussion (FGD) Analisis dan Diagnosa Pendalaman Laporan Hasil Evaluasi (LHE) dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Medan

SMARTID – Pada kesempatan kali ini SmartID melakukan Forum Group Discussion (FGD) bersama Pemerintah Kota Medan dalam rangka analisis dan pendalaman Laporan Hasil Evaluasi (LHE) dan Reformasi Birokrasi.

Diagnosa pendalaman Laporan Hasil Evaluasi (LHE) diperlukan sebagai bentuk upaya untuk menindaklanjuti kinerja yang dilakukan pada periode sebelumnya untuk mewujudkan kinerja Pemerintahan yang lebih baik.

Hal ini menggambarkan upaya nyata yang dilakukan Perangkat Daerah untuk terus berkomitmen meningkatkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan berkinerja sesuai dengan hasil (outcome).

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang terus mengalami “reform” merupakan upaya nyata untuk terus continue dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien.

Adapun pokok pembahasan dalam FGD ini adalah sebagai berikut:

  1. Pendampingan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)
  2. Pendampingan rencana aksi Organisasi Perangkat Daerah (OPD)
  3. Pendampingan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Individu (IKI)
  4. Pendampingan penyusunan dokumen Proses Bisnis (Probis) dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)

Nama peserta FDG dari SmartID adalah Oscar Radyan Danar, S.AP., M.AP., Ph.D. (CEO/Tenaga Ahli), Suhartono Winono, S.AP., M.AP. (Direksi Kerjasama/Tenaga Ahli), Putri Benida  (Ka. Pelaksana/PIC kegiatan Serdang Bedagai), Aditya Eka Saputra., S.AP(SPV Marketing/Manager Marketing) dan Siti Diana Safitri S.I.Kom (Marketing Executive).

Sedangkan peserta dari Pemerintah Kota Medan adalah Pak Benny (Kepala Bappeda), Pak Gelora Sitomorang (Kabag Organasisasi), Pak Irfan (Sekretaris Bappeda), Ibu Sandra (Kabag Bappeda) serta Pak Novan (Inspektorat).

Melalui FGD ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak, terutama dalam kelancaran Pemerintah Kota Medan dalam melakukan analisis dan pendalaman Laporan Hasil Evaluasi (LHE) dan Reformasi Birokrasi. ***