Kegiatan29/06/2022Kolaborasi Epic antara SmartID dengan Pemerintah Kota Batu dalam Penyusunan Dokumen Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)

SMARTID – Sebagai sebuah platform perusahaan yang mempunyai misi dalam membantu urusan Tata Kelola Pemerintahan dan Pembangunan Daerah, SmartID terus berkolaborasi dengan banyak pihak khususnya Instansi Pemerintah.

Pada tanggal 16-17 Februari 2022 lalu, SmartID telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Batu dalam rangka penyusunan Dokumen Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP).

Dalam kerjasama ini, dihadiri oleh 29 orang yang menjadi perwakilan Pemerintah Daerah Kota Batu Serta  Lestari Eko Wahyudi, S.AP, M.AP sebagai tenaga ahli dari SmartID.

Turut hadir pula Marketing Kerjasama yaitu Chausar Yahya Ramadhanto serta Shinta Nuriya Idatul Alfain, S.S selaku Ketua Pelaksana sekaligus sebagai Peneliti.

Lestari Eko Wahyudi, M.AP menjelaskan bahwa LKjIP merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran.

Adapun hal penting yang dibutuhkan dalam sebuah penyusunan laporan kinerja yaitu pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan (disclosure) secara memadai hasil analisis terhadap pengukuran kinerja.

Selanjutnya, menurut Lestari Eko Wahyudi, M.AP terdapat dua fungsi dari LKjIP yaitu pertama, memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi mandat atas kinerja yang telah dan akan dicapai. Kedua, sebagai upaya perbaikan kesinambungan bagi unit kerja untuk meningkatkan kinerjanya.

Adapun fungsi dari LKjIP adalah sebagai media hubungan kinerja organisasi, media akuntabilitas, media informasi umpan balik perbaikan kinerja serta media informasi penilain keberhasilan dan kegagalan dalam melaksanakan tugas dan Amanah yang terlah diberikan.

Diakhir sesi diskusi, Lestari Eko Wahyudi, M.AP berharap bahwa kerjasama antara SmartID dan Pemerintah Kota Batu dapat memberikan perubahan yang positif terlebih pada hasil penyusunan LKjIP Pemkot Batu.

“ Sebagai penutup sesi ini, saya sangat berharap bahwa kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan tentunya perubahan yang positif, terlebih nantinya terhadap hasil akhir dari LKjIP Pemkot Batu 2021,” pungkas Lestari Eko Wahyudi, M.AP. ***