Kegiatan11/04/2022Kolaborasi SmartID dan Kementerian ATR/BPN RI dalam Penajaman dan Peningkatan Kualitas Laporan Kinerja Tahun Anggaran 2021

SMARTID – Selasa, 30 November 2021, SmartID menghadiri agenda yang diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI, sebagai narasumber untuk melakukan penjelasan dan pendampingan dalam penyusunan LKJIP Tahun 2021.

Adapun tenaga ahli dari SmartID yang hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah Oscar Radyan Danar, S.AP., M.AP., Ph.D. dan Suhartono Winoto S.AP., M.AP.

Oscar Radyan Danar, P.hD. selaku Founder sekaligus CEO SmartID membuka forum dengan menjelaskan beberapa hal penting terkait dengan penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP).

Pertama, Oscar Radyan Danar, Ph.D. membahas terkait dengan tinjauan teori dan konsep evaluasi dalam pelaporan kinerja dan fungsi-fungsi manajemen.

Kedua, ia menjelaskan tentang komposisi dari Sistem Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kemudian, pemaparan materi dilanjutkan oleh tenaga ahli SmartID yang kedua, Suhartono Winoto M.AP.

Sebagai lanjutan dari materi yang disampaikan oleh Oscar Radyan Danar, Ph.D., Suhartono Winoto M.AP menjelaskan tentang 3 poin penting selanjutnya dalam penyusunan LKJIP.

Pertama, Suhartono Winoto M.AP memberikan pemahaman tentang sistematika LKJIP.

Kedua, selain soal sistematika, ia juga menjelaskan tentang waktu dan tata cara penyampaian LKJIP.

Ketiga, sebagai tema pembahasan yang terakhir, Suhartono Winoto M.AP memberikan penjelasan terkait Lembar Kriteria Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Pusat.

Dari total lima pokok pembahasan yang dijelaskan oleh dua tenaga ahli SmartID, pihak Kementerian mengaku sangat puas dan berterimakasih kepada pihak SmartID.

Hal ini disampaiakan langsung oleh Kepala Subbagian Penyusunan Laporan, Biro Perencanaan dan Kerjasama Kementerian ATR/BPN RI, Robin Tua Halomoan Sijabat.

Robin mengucapkan terimakasih kepada SmartID atas segala saran, masukan dan Kerjasamanya.

“Kami ucapkan terimakasih atas bantuan, Kerjasama, atas masukan-masukan dan saran-sarannya dari SmartID,” Ujar Robin.

Selain itu, Robin berharap bahwa semua ilmu yang telah didapat dari acara ini, mengidentifikasi ketercapaian kinerja tujuan dan sasaran kementerian ATR/BPN pada pelaporan kinerja.

“Kami berharap semuanya itu dapat membantu kami untuk sampai kepada pelaporan, sehingga tujuan dari organisasi kami dapat tercapai,” Imbuhnya.

Sebagai penutup, ia memberikan harapan agar kedepannya SmartID semakin jaya dan bisa bekerjasama dengan pihak Kementerian di kesempatan berikutnya.

“Kami sangat berterimakasih, semoga semakin jaya, semakin keren selamanya sehingga dapat bersama lagi untuk kesempatan berikutnya, Terimakasih,” tandasnya. ***