Kegiatan06/05/2021Bimbingan Teknis Auditor Inspektorat Kabupaten Probolinggo Mengenai SAKIP

Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah melalui pembinaan dan pengawasan  pelaksanaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah merupakan tujuan dan tugas spesifik bagi Inspektorat Kabupaten Probolinggo. Bimbingan Teknis Auditor Inspektorat Kabupaten Probolinggo...

Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah melalui pembinaan dan pengawasan  pelaksanaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah merupakan tujuan dan tugas spesifik bagi Inspektorat Kabupaten Probolinggo. Bimbingan Teknis Auditor Inspektorat Kabupaten Probolinggo mengenai SAKIP dilaksanakan selama dua hari dan bertempat di Ruang Capolista Hotel Ijen Suites Resort, Malang.

Pada sore hari (16/3) Inspektorat Kabupaten Probolinggo melakukan Bimbingan Teknis SAKIP bersama peneliti dari SmartID. Pertemuan ini membahas materi Perencanaan Kinerja dan pendalaman materi Lembar Kerja Evaluasi SAKIP mengenai Perencanaan Kinerja. Pada kesempatan ini tim dari SmartID maupun Auditor Inspektorat Kabupaten Probolinggo bertukar pikiran mengenai berbagai kendala yang dihadapi dalam konteks Perencanaan Kinerja. Dalam diskusi tersebut seluruh pihak secara sepakat menginginkan Inspektorat Kabupaten Probolinggo dapat menjadi lembaga pengawasan yang profesional untuk mendukung terselenggaranya kepemerintahan yang baik dan bersih.

Pada keesokan harinya (17/3) Inspektorat Kabupaten Probolinggo melanjutkan Bimbingan Teknis SAKIP bersama peneliti dari Smart ID. Pertemuan ini membahas pemaparan materi Pengukuran Kinerja dan pendalaman materi Lembar Kerja Evaluasi Pengukuran Kinerja. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai materi Pelaporan Kinerja dan pendalaman materi Lembar Kerja Evaluasi Pelaporan Kinerja. Pada kesempatan ini tim dari Smart ID maupun Auditor Inspektorat Kabupaten Probolinggo saling bertukar pikiran mengenai berbagai kendala ataupun permasalahan yang sering dihadapi ketika melakukan pengawasan dalam konteks pelaksanaan Pengukuran Kinerja dan Pelaporan Kinerja.

Acara ditutup dengan harapan bahwa setelah diadakannya bimbingan teknis mengenai SAKIP ini mampu mendorong peningkatan kualitas program dan sistem pengawasan serta meningkatkan profesionalisme aparat pengawasan di Kabupaten Probolinggo.