Populer15/01/2024Percepat Akselerasi GovTech di Indonesia, Menteri PANRB Kunjungi Presiden Jokowi di Istana

SMARTIDSaat ini pemerintah Indonesia terus berupaya agar penerapan Govtech segera bisa terealisasi secara optimal. Pada tanggal 29 Desember 2023 lalu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menghadap Presiden Presiden Joko Widodo di Istana Negara, untuk melaporkan akselerasi penyiapan tim digital pemerintah alias GovTech guna mengintegrasikan layanan digital nasional.

 

Perlu diketahui bahwa GovTech atau Government Technology merupakan perangkat lunak pemerintah online yang dimaksudkan untuk mengalihkan pemerintah daerah dari alur kerja berbasis kertas dan beralih ke infrastruktur digital yang lebih modern. 

 

GovTech, menurut entitas sektor publik seperti Bank Dunia merupakan pendekatan pemerintah terhadap modernisasi sektor publik berbasis teknologi. 

 

Dalam kesempatan tersebut Anas mengatakan, Presiden baru saja meneken Perpres No. 82/2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. Di dalamnya mengatur soal percepatan Government Technology (GovTech).

 

“Hari ini kami sebagai koordinator tim Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melaporkan kepada Bapak Presiden soal percepatan penyiapan GovTech. Untuk pertama kalinya dalam sejarah sejak Indonesia merdeka, Indonesia akan berproses memiliki layanan digital terpadu alias tidak terpisah-pisah seperti selama ini), layanan yang satu, dengan interoperabilitas yang baik, dan berorientasi ke user/citizen centric seperti di negara-negara yang menjadi benchmark,” kata Anas, dikutip dari website resmi Kementerian PANRB, pada 02 Januari 2024.

 

Selanjutnya, Menteri Anas menjelaskan bahwa saat ini masyarakat Indonesia dihadapkan dengan beragam layanan digital dari pemerintah yang terpisah-pisah. 

 

“Kalau di Indonesia selama ini memang masih terpisah-pisah. Mau akses layanan A, maka downlod aplikasi Kementerian A; lalu mau akses layanan B maka harus download aplikasi B. Pengisian data berulang, belum ada interoperabilitas data yang baik sehingga user itu kesulitan. Ini yang Presiden ingin agar semua simpel dan memudahkan rakyat. Melalui GovTech, hal ini kedepannya tidak akan lagi terjadi karena akan disatukan sehingga tidak lagi bertumpuk,” Jelas Mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

 

Penugasan GovTech, papar Anas, diberikan kepada Perusahaan Umum Percetakan Uang RI atau Perum Peruri. GovTech akan fokus dalam mengintegrasikan sistem dan aplikasi digital prioritas yang mengutamakan kebutuhan masyarakat. 

 

“GovTech tidak akan mengambil alih, melainkan mendukung instansi penanggung jawab layanan serta sebagai jaminan keberlanjutan digitalisasi pemerintah,” pungkas Anas.

 

Perlu diketahui bahwa dalam jajaran 20 besar negara dengan e-Government Development Index (EDGI), hampir semuanya memiliki tim digital pemerintah alias GovTech yang bertugas mengintegrasikan seluruh layanan digital dan menciptakan standarisasi ekosistem digitalisasi pemerintahan. GovTech tersebut menjalankan garis besar kebijakan dari kementerian pengampu digitalisasi, di mana dalam konteks Indonesia adalah Tim Koordinasi SPBE yang berisi antara lain Menteri PANRB, Menteri Kominfo, Menteri Keuangan, Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Mendagri.

 

Sumber: Kementerian PANRB