Populer08/09/2023Wajib Diketahui, Inilah 4 Pilar Menuju Visi Indonesia Emas 2045

SMARTID – Pemerintah telah menargetkan Indonesia akan menjadi negara unggul di usianya yang ke-100 tahun pada 2045 mendatang. Dimana pada tahun tersebut Indonesia akan menikmati masa emasnya dan bersaing dalam berbagai sektor dengan negara-negara maju lainnya di dunia.

 

Sebagai masyarakat tentunya kita wajib tahu tentang apa saja sih yang masuk kedalam 4 pilar menuju visi Indonesa emas 2045.

 

  1. Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

 

Pada pilar pertama dapat dicapai dengan melakukan berbagai upaya meliputi: percepatan pendidikan rakyat Indonesia secara merata, peningkatan peran kebudayaan dalam pembangunan, peningkatan sumbangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan derajat dan kualitas hidup rakyat, serta reformasi ketenagakerjaan.

 

  1. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

 

Pilar kedua ini mencakup beberapa program yaitu: peningkatan investasi dan perdagangan luar negeri, percepatan industri dan pariwisata, pembangunan ekonomi maritim, pemantapan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani, pemantapan ketahanan energi dan air, serta komitmen terhadap lingkungan hidup.

 

  1. Pemerataan Pembangunan

 

Adapun program yang harus dilakukan untuk realisasi pilar ketiga adalah percepatan pengentasan kemiskikan, pemerataan kesempatan usaha dan pendapatan, pemerataan pembangunan wilayah, serta pembangunan infrastruktur yang merata dan terintegrasi.

 

  1. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan

 

Pilar keempat meliputi beberapa program yaitu demokrasi substantif, reformasi kelembagaan dan birokrasi, penguatan sistem hukum nasional dan antikorupsi, politik luar negeri bebas aktif, serta penguatan ketahanan dan keamanan.

 

Nah, itu tadi merupakan 4 pilar menuju visi Indonesia emas 2045, semoga Indones terus berkembang lebih maju sehingga visi yang telah ditetapkan bisa tercapai dan memberikan dampak positih terhadap negara dan seluruh masyarakat Indonesia.

 

Sumber: Bappenas