Populer21/06/2023Presiden Joko Widodo Meluncurkan Logo Baru Ibu Kota Nusantara dengan Tema Pohon Hayat

SMARTID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengenalkan lambang terbaru untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), yang bertemakan Pohon Hayat. Acara peluncuran logo baru ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada hari Selasa tanggal 30 Mei 2023 lalu. Pemilihan logo ini melibatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan desain dari lima opsi yang telah dimulai sejak tanggal 4 April hingga 20 Mei 2023.

 

Presiden menegaskan bahwa logo yang terpilih merupakan pilihan masyarakat, “Jadi yang milih bukan Presiden, hati-hati, yang milih ini rakyat, dan jumlah pemilihnya lima ratusan ribu, jumlah yang tidak sedikit” ujar Presiden.

 

Sebelumnya, masyarakat memiliki kesempatan dalam memilih logo dari lima design yang telah dinominasikan secara terbuka. Dari hasil akhir sayembara pada 20 Mei 2023, dengan total pemilih mencapai 500.260 orang. Para pemilih logo IKN berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan.

 

Dengan adanya logo baru, Presiden berharap jika logo tersebut akan menjadi inspirasi bagi IKN untuk menciptakan sumber kehidupan baru. “Logo yang terpilih bertema Pohon Hayat yang didesain oleh Mas Aulia Akbar. Pohon hayat ini pohon kehidupan, dan kita semuanya berharap logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya yang menjadi sumber kehidupan seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” ujarnya.

 

Proses ini dimulai pada bulan September 2022, ketika Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) sebagai mitra OIKN mengumumkan secara terbuka. Lebih dari 500 desainer berpartisipasi dalam pengumuman tersebut. Dari semua desainer yang mendaftar, Dewan Kurator ADGI memilih 10 desainer untuk mengikuti proses perancangan logo IKN.

 

Dari 10 logo karya desainer tersebut, Presiden memilih 5 logo terbaik, serta memberi arahan agar diadakan voting terbuka yang dapat diikuti masyarakat secara luas. Adapun voting secara online diadakan pada 4 April hingga 20 Mei 2023. 

 

Pada sayembara desain logo baru ini, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Bank Negara Indonesia (BNI). Lebih dari 500 desainer berpartisipasi dalam proses panggilan terbuka, di mana kurator memilih 10 desainer untuk terlibat dalam merancang identitas visual Nusantara berdasarkan panduan kuratorial yang telah disiapkan oleh Dewan Kurator dan Tim Ahli Perancangan.