Populer20/01/2023Simplifikasi Layanan jadi Prioritas Kementerian PANRB di Tahun 2023

Kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, simplifikasi berbagai layanan, baik internal maupun eksternal, menjadi target prioritas Kementerian PANRB di tahun 2023. Bergerak untuk Reformasi Berdampak, menjadi tema reformasi birokrasi (RB) yang kini digaungkan oleh Kementerian PANRB.

 

Dalam acara Refleksi Kinerja tahun 2022 yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis 22 Desember, Menteri Anas memfokuskan pada pemangkasan program rutin yang dapat disederhanakan atau diintegrasikan kepada program yang sesuai lainnya. Menteri Anas berharap ada joint-impact antar-unit kerja di Kementerian PANRB maupun dengan instansi paguyuban dan kementerian / lembaga / pemerintah daerah terkait.

 

Menteri Anas juga menguraikan target lain yang juga menjadi fokus Kementerian PANRB kedepan. Salah satunya adalah agar penilaian RB sudah mengakomodasi RB Tematik yang telah dicanangkan pada 5 Desember 2022 lalu. Ia juga berharap agar indeks-indeks atau pengukuran bidang PANRB (dibuat) lebih sederhana, sinergis, dan terintegrasi.

 

Pada segi manajemen ASN, Menteri Anas meminta agar penanganan tenaga non-ASN dapat dibuatkan beberapa alternatif. Hal itu dilakukan agar dapat mengakomodir kebutuhan para tenaga non-ASN sehingga menjadi pilihan yang win-win solution. Percepatan kebijakan transformasi JF juga diharapkan selesai di Januari 2023 mendatang termasuk akselerasi penerapan Sistem Informasi ASN dengan Big Data yang terintegrasi.

 

Sementara untuk segi pelayanan publik, Kementerian PANRB memfokuskan pada pembangunan MPP Digital dan mendorong hasil inovasi pelayanan publik dapat segera diimplementasikan.

“Begitu juga dengan implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), kita akselerasi sehingga digitalisasi pemerintahan dapat dirasakan manfaatnya,” jelas Menteri PANRB.

Menteri Anas juga mendorong Kementerian PANRB agar terus melakukan inovasi dan evaluasi dalam kegiatan yang diselenggarakan bersama para Pejabat Pimpinan Tinggi atau PPT Madya dan Pratama.

 

Di waktu yang sama, para pejabat dan pegawai Kementerian PANRB mendapatkan apresiasi kinerja oleh Menteri Anas dalam capaian target kinerja.

 

“Beberapa upaya yang telah kita lakukan sudah mulai terasa dampaknya. Terus lakukan terobosan-terobosan sehingga dalam mengeksekusi prioritas kerja dapat terlaksana secara terukur, simpel, mudah, dan terlihat perubahannya,”ujarnya.

 

Sumber: Kementerian PANRB