Populer28/10/2022Presiden Jokowi Sampaikan Komitmen Indonesia untuk Berikan Bantuan ke Palestina

SMARTID – Secara resmi, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) perjanjian hibah bantuan untuk Palestina.

“Indonesia dalam proses penyaluran bantuan kepada Palestina melalui UNRWA (The United Nations Relief and Works Agency) dan ICRC (International Committee of the Red Cross),” terang Jokowi saat bertemu Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Bogor, dikutip dari Antaranews, pada 25 Oktober 2022.

Selain itu, Jokowi menyampaikan bahwa saat ini Indonesia telah  berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kapasitas untuk Palestina.

“Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kapasitas,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut lagi, Jokowi mengatakan bahwa bantuan kepada Palestina tidak hanya datang dari pemerintah saja. Masyarakat sipil juga ikut membantu Palestina, salah satunya Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang saat ini tengah membangun rumah sakit di Palestina.

Dilansir dari Antaranews, pada tahun 2019, Indonesia pernah menyerahkan bantuan kemanusiaan sebesar US$1 juta kepada pengungsi Palestina di Kamp Jerash. Bantuan disalurkan melalui United Nations Relief and Works Agency (UNRWA).

Jumlah bantuan serupa juga disalurkan melalui UNRWA pada 2020. Bantuan dikhususkan terhadap penanganan Covid-19 dan kemanusiaan.

Selain bantuan kemanusiaan, Indonesia membantu memberikan pelatihan kepada pemerintah Palestina yang dilaksanakan pada 2019. ***