Kegiatan22/05/2023Ekspose Penyusunan Indeks Kesalehan Sosial (IKS) Kabupaten Garut

SMARTID – Pada 6 Januari 2023, SmartID menggelar zoom meeting bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Garut dalam rangka melakukan ekspose penyusunan Indeks Kesalehan Sosial (IKS).

Adapun dalam kegiatan ini, SmartID melibatkan tiga tenaga ahli yaitu Akhmad Amirudin, S.AP, M.AP, M.Pol.Sc., Ph.D., Bustamin, S.Sos, M.AP, serta Habil Maranda Maghfirullah, S.AP.

Kebijakan tentang kesalehan sosial menjadi penting untuk melihat dinamika ruang publik sehubungan dengan kepedulian sosial, relasi antarmanusia, melestarikan lingkungan, etika dan budi pekerti, serta kepatuhan

Dalam IKS terdapat 3 indeks yang diukur, yaitu indeks solidaritas sosial, toleransi dan ketertiban umum/stabilitas. Selanjutnya, indeks solidaritas sosial diukur dari 3 indikator, yaitu peduli, memberi dan kerja sama/gotong royong. Indeks toleransi diukur dari 3 indikator, yaitu menghargai perbedaan, tidak memaksakan nilai dan tidak menghina nilai berbeda. Indeks ketertiban umum/stabilitas diukur dari 3 indikator, yaitu (1)pencegahan konflik dan kekerasan sosial (menjaga ketertiban), (2)keterlibatan demokrasi dan pemerintahan yang baik serta (3)pemeliharaan dan perbaikan lingkungan hidup.

Semoga dengan terselengganya kegiatan ini mampu memberikan menfaat bagi kedua belah pihak, terutama bagi Pemerintah Kabupaten Garut dalam menghasilkan laporan Indeks Kesalehan Sosial (IKS) yang maksimal dan sesuai dengan realita yang ada.