Kegiatan25/06/2024SmartID Gelar Bimbingan Teknis Kebijakan Publik Kabupaten Kudus di Malang

SMARTID Kegiatan Bimbingan Teknis tentang Kebijakan Publik telah diselenggarakan oleh SmartID dengan mitra yang berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus, pada 20-21 Juni 2024 di Hotel Ijen Suites, Kota Malang.

Perlu diketahui bahwasanya kebijakan publik merupakan suatu instrumen nyata yang menggambarkan secara konkrit suatu proses persentuhan yang riil antara pemerintah dan rakyatnya. Melalui kebijakan publik inilah pemerintahan mewujudkan amanah yang diberikan rakyat kepadanya.

Untuk itu, Bimtek ini diselenggarakan agar pemerintah khususnya Kabupaten Kudus mampu menciptakan sebuah kebijakan publik yang optimal dan efektif, sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Pada hari pertama penyelenggaraan  Bimtek, terdapat tiga materi utama yaitu Konsep Kerangka Manajemen Kebijakan Publik (KMKP) oleh narasumber Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS. Selanjutnya, Tuntutan Perubahan dan Dinamika Kebijakan Publik di Indonesia oleh narasumber Dr. Alfi Haris Wanto, S.AP., M.AP, MMG. Serta Peran Kepemimpinan dalam Manajemen Kebijakan Publik oleh narasumber Akhmad Amirudin, S.AP., M.AP., Ph.D.

Para peserta yang terdiri atas perwakilan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus terlihat sangat antusias dengan materi yang disampaikan dan sebagian dari peserta juga menyampaikan pendapat serta kendala dalam penerapan kebijakan publik.

Selanjutnya, pada hari kedua Bimtek, disampaikan dua materi yaitu Evaluasi Perbaikan Berkelanjutan dalam rangka peningkatan kinerja kebijakan publik di Indonesia oleh narasumber Ahmad Miftahul Khoiri, S.AP., M.AP. Materi kedua yaitu tentang Komunikasi dan Advokasi Kebijakan Publik oleh narasumber Ali Roziqin, S.A.P., M.PA.

Semoga dengan terselenggaranya Bimtek, mampu memberikan manfaat bagi banyak pihak, terutama Pemerintah Kabupaten Kudus dalam menghasilkan kebijakan publik yang optimal. ***